Minggu, 06 Juli 2014

Ramadhan di Jogja Punya Cerita

Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat datang wahai tamu agung.

Tahun ini, Ramadhan 1435 H, pertama kali (lagi) gua ngerasain Ramadhan di Jakarta, setelah nikmatnya ngerasain 7 kali Ramadhan di Jogja (1428 H – 1434 H). Ramadhan di Jogja itu, banyak sukanya, sedikit dukanya. Dukanya menurut gua sih palingan cuman jauh dari keluarga, selebihnya banyak sukanya hehe.

Ramadhan di Jogja sebanyak 7 kali itu pastinya menyimpan cerita. Mulai dari sahur bareng anak kos, lu tau lah betapa dinginnya suhu udara di luar kamar saat jam-jam sahur, tapi itu bukanlah perkara untuk mendulang keberkahan di waktu sahur.

Terus berburu takjil, contohnya ikut kajian menjelang maghrib dari masjid ke masjid, atau nyari es pisang ijo di depan kampus Teknik UNY, atau kalo males jalan ya tinggal buka puasa di burjo. Dan ada temen gua yang buka puasanya pake rokok, dan bodohnya gua adalah gua nyoba ngikutin dia tapi kepala gua langsung puyeng (yaelahbro) hahaha

Terus kuliah, godaannya pas jam kuliah tu cuman 1, saat kantuk menyerang. Ada kuliah jam 7 terus bangunnya jam setengah 8 yaa ga jadi berangkat kuliah, lanjutin tidur wkwkwk. Kuliah siang, padahal abis sahur udah banyak tidur tapi gatau kenapa kalo kuliah siang tu bawaannya ngantuk banget haha

Terus KKN, skripsi, dll, ya pokoknya banyaak deeh. Ini dia cerita lengkapnya, simak ya gan :)



Ramadhan 1428 H (13 September - 12 Oktober 2007) :
Ini tahun pertama gua ngerasain Ramadhan di Jogja, awalnya terasa sedih, karena sahur ama buka puasa yang biasanya disiapin ama ibu gua, sekarang harus nyari sendiri. Status gua ketika itu adalah mahasiswa semester pertama (yaeyalaah haha). Sebelum masuk bulan Ramadhan, pernah ada wacana senior di kosan mau beli makan sahur di catering, tapi sampe masuk bulan puasa para senior gak ada pergerakan, dan ujung-ujungnya ya sahur bareng di warung makan wkwkwk dasar senior sibuk soalnya

Di tahun ini, cerita paling berkesan ada dua. Pertama, saat angkatan gua ngadain acara buka puasa bersama KFGAMA di kantin klaster FMIPA, dihadiri oleh para senior dan dosen. Beuuh ceritanya gua dapet keluarga baru di sini hehe. Kedua, saat angkatan gua ngadain buka puasa bersama angkatan 2007 di waroeng SS jakal. Dari situ kami semua semakin akrab, merasa senasib sepenanggungan hahaha.

Di tahun ini juga ngerasain ama yang namanya mudik pertama, menumpang bus Santoso ke Jakarta bersama kawan baru di Fisika hihi. Dan rajinnya gua adalah selalu menghitung mundur detik-detik kepulangan gua ke Jakarta haha.

Ramadhan 1429 H (1 September - 30 September 2008) :
Tahun kedua Ramadhan di Jogja. Status gua adalah mahasiswa semester ketiga, udah punya adek baru, adek bengal angkatan 2008 -,-

Tahun kedua Ramadhan di Jogja ini diisi dengaan cerita mempersiapkan acara Pesona Fisika 2008 (PF 2008), karena angkatan gua lah yang jadi panitia intinya. Tempat PF 2008 udah ditentuin sebelum Ramadhan, yaitu di PPSJ (Pusat Penyelamatan Satwa Jogja), tepatnya di daerah Kulonprogo, kira-kira sejam perjalanan pake sepeda motor.

Kejadian terkonyol adalah saat survey ke lokasi, gua salah pake jaket. Udara panas puooolll, gua pake jaket tebel, rata dah tu kaos gua ama keringet. Sampe kosan rasanyaa lemees banget, kehilangan banyak cairan tubuh *tsaaaahhh. Makanya dari situ bisa dipetik pelajaran, jangan pake jaket tebel kalo ngendarain motor siang-siang, walaupun bukan lagi bulan puasa, karena kaosmu akan diratakan oleh keringat, dan baunya mengganggu orang-orang di sekitar HAHAHA ga nyambung.

Ramadhan 1430 H (23 Agustus - 21 September 2009) :
Tahun ketiga Ramadhan di Jogja. Status gua waktu itu adalah mahasiswa semester kelima, sebagai pengurus BEM MIPA juga. -,-

Hari pertama dan kedua Ramadhan, gua gak puasa karena gua emang lagi sakit dan gak kuat puasa. Gua sakit gara-gara gua terlalu menggeber tubuh gua pas Ospek MIPA (PASCAL) 2009. Yang bikin terharu adalah pas gua sakit, gua dirawat sama temen gua anak BEM. Makanan dibawain, ke rumah sakit dianterin, tidur ditungguin dll. -,-

Ramadhan 1430 H ini kebanyakan gua habiskan waktu gua bersama temen-temen BEM. Selesai kuliah sering mampir ke BEM, sambil nungguin waktu maghrib. Udah gitu efeknya adalah sering banget buka puasa bersama, entah itu ama anak2 Advokasi, PSDM, Sosmas, dll. Keluarga baru? Jelaas. Tapi kok keluarga baru gua dimana-mana yak? Hehehe-,-

Bahkan hari kedua Ramadhan, gua baru aja ngerasa agak enakan, eh udah dipanggil ke sekre BEM buat buka puasa bersama para Pengurus Harian di sana, ceritanya para PH lagi masak-masak. Gua aja masih belum puasa waktu itu, tapi ya teteplah dateng, lagian juga kangen ama anak2 BEM yang keren-keren :D

Ramadhan 1431 H (10 Agustus - 8 September 2010) :
Tahun keempat Ramadhan di Jogja. Status gua waktu itu adalah mahasiswa semester ketujuh, udaah tuaa men haha. Dan gua juga sebagai anggota Sie Danus TOPCOP 2010. -,-

Minggu pertama dan kedua Ramadhan 1431 H gua masih berada di Jakarta, karena waktu itu libur semester genap, selain itu gua di Jakarta juga untuk menunggu dan konfirmasi kepastian dari pihak yang bersedia nyeponsorin acara TOPCOP 2010, sehingga waktu itu gua resmi mengundurkan diri dari kepanitiaan PASCAL 2010. -,-

Sempet ngerasain ama yang namanya baru masuk kuliah seminggu, eeh udah libur lagi. Yah di Jogja sekitar 10 hari abis itu cabut lagi ke Jakarta. -,-

Yang gua susah lupain dari Ramadhan 1431 H ini adalah pada tanggal 2 September 2010, saat teman-teman Fisika 2007 baru ditarik dari tempat pengabdiannya (maksud gua KKN), langsung dah ngadain acara buka puasa bersama di Pondok Cabe deket Mirota Kampus. Semacam perpisahan? Oh beluum, perjalanan masih panjaang hahaha

Ramadhan 1432 H (1 Agustus - 30 Agustus 2011) :
Tahun kelima Ramadhan di Jogja, status gua waktu itu adalah belum jadi mahasiswa semester kesembilan, karena masih liburan panjang euyy hehe. Waktu itu juga dapet amanah sebagai Koordinator Mahasiswa Kluster KKN PPM UGM Unit 46 di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Karena Selo letaknya berada di ketinggian, di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, kebayang dong dinginnya kayak gimana? Kebayang dong rasanya puasa di tempat dingin kayak gimana? Bayangin deh dinginnya suhu udara saat jam sahur. Waktu lagi asik anget2an di dalem sleeping bag, lu harus bangun dinihari buat sahur. Kebayang dong? Haha.

Memori manis di Ramadhan 1432 H ini. Pertama, tanggal 10 Agustus 2011, syukuran kelulusan pertama buat Fisika 2007. Syukuran di Jakal KM 14, ya daerah situlah pokoknya. Gua bela-belain turun gunung buat naik gunung lagi eh maksud gua buat dateng ke acara itu, karena menurut gua ini acara semacam perpisahan buat 8 orang temen Fisika 2007 yang bakal diwisuda Agustus 2011 tersebut. Kalo kata lagunya Sheila on 7, “Bersenang-senanglah karena hari ini yang kan kita rindukan di hari tua”. Hari itu dipuas2in deh senang-senang (stop gua gak kuat nulisnya, asli kangen banget ama kalian wahai kawanku)

Ramadhan 1433 H (20 Juli - 18 Agustus 2012) :
Tahun keenam Ramadhan di Jogja, dan gua masih belum lulus juga di saat teman-teman seangkatan sudah banyak yang berguguran. Ya waktu itu status gua adalah mahasiswa semester ke 10, dan sedang dalam tahap pengerjaan tugas akhir, alias proposal tugas akhir.

Waktu itu gua harus bolak balik Jogja-Kampus-Pandansimo dan Jogja-Jakarta untuk konsultasiin proposal gua yang belum kunjung diterima sama pihak Kemenristek karena metodologi penelitiannya yang masih belum bagus. Karena skripsi adalah bagian dari cinta dan cinta itu membutuhkan bukti, seberat apapun tantangannya ya harus dihadapi. SKRIPSI ADALAH CINTA, DAN CINTA ADALAH PERJUANGAN hahaha. Tapi tetep aja penolakan selalu datang sampe akhirnya proposal diterima setelah lebaran wkwkwkwk.

Di Ramadhan 1433 H ini, gua ama sahabat gua ngelakuin Safari Ramadhan, keliling Pulau Jawa pake kereta api. Dimulai dari Jakarta naik KA Argo Bromo Anggrek sampe Surabaya, terus dari Surabaya naik KA Sancaka Sore sampe Jogja, terus dari Jogja naik KA Lodaya Pagi sampe Bandung, terakhir dari Bandung naik KA Argo Parahyangan sampe Jakarta.

Menyenangkaaaan karena dapet tiket promo KA kelas eksekutif hehehe

Ramadhan 1434 H (9 Juli - 7 Agustus 2013) :
Tahun ketujuh Ramadhan di Jogja, dan skripsi gua sudah dinyatakan lulus, tinggal nungguin hasil yudisium buat segera diwisuda hahaha *belaguuu. Status gua waktu itu adalah mahasiswa semester 1 lusin :D

Nah karena udah gak ngapa2in lagi, sempet2in deh Safari Ramadhan ke Wonogiri, tempat adek2 Fisika 2010 pada KKN. Gua lupa tanggalnya, yang jelas waktu itu asik buat perjalanan kesananya. Gua jadi tau perbedaan jalanan Provinsi DIY (muluuuss wuuusss) ama jalanan Provinsi Jawa Tengah (rusaaak gilaaak) hahahaha. Mungkin bisa diibaratkan Perbatasan Indonesia-Malaysia di Tanah Borneo sana. Buat pengeras jalanan di wilayah Malaysia udah pake aspal, wilayah Indonesia masih pake batu kerikil. Miris gan :(

Sebelum pulang ke Jakarta buat berlebaran di Ibukota, gua dapet Surat Keterangan Lulus. Akhirrnyaaa, emaaaak anakmu yang ganteng ini mau diwisuda. Langsung sebelum benar-benar kabur dari Jogja, urusan administrasi buat wisuda diselesaikan dulu di kampus.

Perjalanan mudik naik KA Taksaka Malam, KA kelas eksekutif yang harga tiketnya cuman Rp.10.000,- (promo), dan tau gak? Harga tiket keretanya lebih murah dibandingkan mie rebus di dalam kereta hahaha

Itu dia cerita Ramadhanku di Jogja selama 7 tahun. Mana cerita kamu? :D

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar