Jumat, 25 Mei 2012

Wawancara Kerja - Pengoptimalan Diri

Dalam 3 menit pertama, ternyata pewawancara bisa mengetahui karakter kandidat yang sedang diwawancara. Bagaimana mengoptimalkan diri pada saat seleksi wawancara kerja? Simak dalam career tips berikut ini ya.

  1. Kenali perusahaan dan seluk beluknya, sehingga Anda tampak memiliki niat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Gunakan jawaban dengan berlandaskan visi dan misi perusahaan akan menjadi daya tarik tersendiri.
  2. Persiapkan jawaban terbaik untuk tiap pertanyaan, persiapkan pula jawaban ketika ditanya tentang pengalaman organisasi/kerja.
  3. Bukan hanya keahlian, namun tunjukkan pula attitude yg positif.
  4. Pastikan pakaian yang Anda kenakan adalah pakaian yang membuat Anda tampil percaya diri dan rapi.
  5. Bawalah berkas dan CV serta notes beserta pena untuk berjaga-jaga jika memang Anda butuh mencatat saat wawancara.
  6. Datanglah 15 menit sebelum waktu wawancara. Ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah pegawai yang disiplin. Datang lebih awal memungkinkan Anda mempersiapkan psikis sebelum saat wawancara tiba.
  7. Tetap tenang agar tidak ada satu pertanyaan pun yang terlewat.
  8. Lakukan kontak mata dan dengarkan baik-baik maksud pertanyaan pewawancara. Jika bertanya A, jawab dulu dengan A. Namun kemudian berikan sedikit alasan/deskripsi bagaimana jawaban A Anda tersebut.
  9. Ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bergabung dengan perusahaan usai sesi wawancara. Terima kasih yang mudah diucapkan ternyata menjadi bentuk penghormatan kepada orang lain atas apa yang diberikan kepada kita. 

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Sumber:
Akun Twitter @ecc_ugm

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar