Jumat, 13 Juli 2012

Mengejar 6 SKS - Prolog

PIMNAS XXIV 2011 di kampus Universitas Hasanuddin Makassar menciptakan banyak kenangan manis. Awalnya tidak diduga bahwa tim kami (Arief Gunawan, Ibnu Teguh Nur Sasongko, dan Wahyu Nur Achmadin) bisa berpartisipasi dalam PIMNAS XXIV 2011 tersebut dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Gagasan Tertulis (PKM GT) dengan judul “Sistem Ranjau Laut Berbasis Sensor Hall Sebagai Pertahanan Laut Nasional”.

Seusai PIMNAS XXIV 2011 tersebut, aku dan Ibnu berencana untuk melakukan penelitian tentang ranjau Hall untuk tugas akhir kami. Penelitian tersebut dimaksudkan untuk meneruskan goresan emas judul PKM GT kami. Namun apa mau dikata, penelitian tersebut kandas di tengah jalan karena rumitnya sistem ranjau Hall. Akhirnya aku dan Ibnu sepakat untuk melakukan penelitian di bidang lain, namun berbeda bidang. Ibnu melakukan penelitian tentang radiasi gas Radon pasca erupsi Gunung Merapi, dan aku melakukan penelitian tentang energi terbarukan (sel surya) di Pantai Baru, Bantul.

Perkenalanku terhadap instalasi sel surya di Pantai Baru tersebut sebenarnya merupakan ketidaksengajaan. Awalnya seorang sahabat dekatku yang bernama Zefri Munandar mengajakku untuk berkunjung ke Pantai Baru yang merupakan objek wisata kincir angin. Lokasinya terletak di Dusun Ngentak Desa Poncosari Kecamatan Srandakan Kabupaten Bantul DIY, atau sekitar 30 km arah barat daya dari kota Yogyakarta. Akhirnya, pada hari Sabtu, tanggal 29 Oktober 2011 kami berdua berkunjung ke obyek wisata kincir angin bersama dengan teman-teman dari Jurusan Fisika Teknik Fakultas Teknik UGM. Setelah melakukan perjalanan sekitar 45 menit, kami semua tiba di TKP. Di sana kami semua melakukan survey lapangan untuk mengetahui segala hal tentang instalasi pembangkit energi listrik yang menggunakan sumber energi terbarukan, yaitu angin dan cahaya matahari. Intalasi tersebut dikenal dengan nama Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH). Energi hibrid sendiri sebenarnya adalah gabungan dari dua atau lebih sumber energi yang berbeda.

Survey pun usai pada tengah hari, selanjutnya aku dan Zefri makan siang bersama di pinggiran Pantai Baru. Diskusi ringan pun tercipta pada kesempatan itu, yang mana akhirnya diambil keputusan bahwa aku dan Zefri akan melakukan penelitian tentang energi hibrid di Pantai Baru tersebut. Pembagian penelitian pun disepakati, aku meneliti sel surya, dan Zefri meneliti kincir angin.

(bersambung) ...

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar