Selasa, 16 Oktober 2012

Tips Menghadapi UTS


Seminggu menjelang #UTS , #UTS oh #UTS , kau sudah menjadi #UTS yang ke 11 buatku. Ada beberapa tips dan trik menghadapi #UTS , simak yo. :D
  1. Pastikan bahwa #UTS juga memegang peranan vital untuk nilai akhirmu. Jangan menganggap remeh ama yang namanya #UTS . #pengalamanpribadi. Kalo kamu menganggap remeh #UTS dengan santai-santai aja, bisa2 kau menyesal. :D. Iya menyesal, karena kalau nilai #UTS mu berantakan, kau harus berusaha keras mengejar nilai UAS. #pengalamanpribadi.
  2. Kenali karakter dosenmu, apakah beliau tipe orang kreatif yang punya segudang soal, atau yang masih suka ngeluarin soal lawas. #UTS. Kalo dosenmu orang yg kreatif, ya berarti kamu harus mengasah analisismu untuk memecahkan persoalan yg dikasih ama dosenmu. #UTS. Kalo dosenmu ternyata masih suka ngeluarin soal lawas, belajar aja dari soal2 lawas, sambil berharap besok dikeluarin lagi. #UTS. Di Fisika UGM, banyak dosen yg kreatif punya segudang soal. Contohnya Pak Kamsul, Pak Rosyid, dan Pak Guntur. Soalnya begitu mematikan mental. #UTS.  Oh iya ada 1 lagi dosen yang soal2nya mematikan mental, namanya Pak Mirza. Model matematisnya njelimet banget. #pengalamanpribadi #UTS. Dan dosen-dosen Fisika UGM yang lain, sering banget soal-soalnya unpredictable, makanya persiapan kudu mateng. #UTS.
  3. Siapin dulu perlengkapan perang kamu. Kalo tipe ujiannya open book, bawa buku sebanyak2nya, kali aja bisa membantu. hahaha #UTS. Kalo tipe ujiannya open paper, nah siapin dah paper yang bisa dijadiin contekan. itu namanya contekan yang dihalalkan. #UTS. Nah kalo tipe ujiannya ternyata close book, biasanya soalnya ga jauh2 dari catetan. Hanya perlu analisis yang sangat tajam saja. #UTS. Gimana cara mempertajam analisis? Ya belajar. Tugasnya mahasiswa ya belajar, banyak2in latihan memecahkan soal. #UTS. Belajarnya juga bukan belajar dengan keras, tapi belajarlah secara cerdas. Percuma keras kalo ga cerdas mah. #UTS.  Jangan lupa bawa kartu ujian, dan pake sepatu. Jangan ampe kamu diusir dari ruang ujian gara2 kartu ujian ketinggalan di WC kampus atau di burjo sebelah kosan. #UTS.
  4. Stay cool di ruang ujian. Masuk ruangan dengan kepala datar. Biar kamu bisa lebih relax. #UTS. Tetap tersenyum, sesusah apapun soalnya. Hadapi dengan senyuman. Karena senyum bisa meluluhkan kegundahan hati. #tsaaaahhhhh #UTS. Krn kalo kamu masuk ruang ujian aja udah tegang, gimana mau bisa ngerjain soal ujian dengan tenang? #UTS. Satu pesan buat mahasiswa yang baru aja jadi mahasiswa rantau, sembuhkan dahulu penyakit homesick mu. #UTS. Karena penyakit homesick biasanya bikin kamu ga fokus menghadapi dan menjalani #UTS.
  5. Jangan nyontek pas lagi ujian, kecuali dengan contekan yg dihalalkan (paper). Karena kamu belum tentu tahu apa akibatnya kalo ketahuan sama pengawas. #UTS. Kata @ZefriMunandar, mahasiswa yg suka nyontek pas ujian, itu adalah mahasiswa murahan. Mahasiswa model begitu banyak di negeri ini. #UTS. Jadi mahasiswa yang beda sendiri dong, kalo ujian ga bisa, yaudah ga usah nyontek. Tapi resikonya, lulus kuliahnya lama. #UTS. Gapapa kok lulusnya lama, yang penting nilaimu murni dari perjuanganmu sendiri. #UTS.
  6. Berdoa kepada Tuhanmu yang Maha Pengabul Doa. Karena secerdas apapun kamu, kalo doamu kurang, sama aja bodong. #UTS. Mintalah kpd Tuhanmu Yang Maha Pengabul Doa, agar #UTS mu diberi kemudahan dan kelancaran. Mintalah pula semoga hasil sbanding dgn usahanya. Tetap bertawakkal, sambil berbaik sangka kepada Tuhanmu Yang Maha Baik, kalo kamu akan sukses menjalani #UTS mu. :)
Semua tips dan trik tadi udah saya lakuin, dan hasilnya untuk pertama kalinya dapet IP semester dgn predikat cumlaude, di semester 10. :) #UTS. saya yakin, adik2 Fisika UGM 2010, 2011, dan 2012 adalah anak2 yang rajin. Semoga #UTS nya lancar ya. :)

Sekian tips dan trik menghadapi dan menjalani #UTS dari saya. Semoga berguna buat kamu semua. :)

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar