Rabu, 10 Oktober 2012

Pesona Fisika 2012 Yang Penuh Kenangan

Hai bro dan sist, udah lama gue ga nulis di blog. Maklum gue kan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menghadapi tugas akhir yang belum berakhir, jadinya ya gue sibuk buat ngurusin tugas akhir gue, ya mulai dari birokrasi penelitiannya, nulis proposal, ngambil data, ama analisis data.

Oke lanjut aje, kali ini gue mau nulis tentang Pesona Fisika. Apa sih Pesona Fisika itu? Nah jadi gini men, Pesona Fisika itu adalah acara malam keakraban anak-anak Fisika UGM yang tujuannya mengakrabkan mahasiswa baru, baik dengan sesama angkatannya, maupun dengan angkatan yang lebih senior.

Seperti biasa, Pesona Fisika atau lebih dikenal dengan nama PF selalu menciptakan sebuah kenangan manis. #aseek. Dari zaman gue masih mahasiswa baru ampe sekarang gue jadi mahasiswa veteran, kenangan manis itu selalu membekas di sanubari gue. #tsaaah

PF 2012, mungkin akan menjadi PF yang terakhir buat mahasiswa Fisika UGM angkatan 2007, termasuk gue. PF 2012 diadakan tanggal 6-7 Oktober 2012 di Penginapan Omah Jawi, Kaliurang, DIY.

Berhubung jadwal acara perkenalan ama angkatan senior diadakan setelah sholat Isya, maka setelah sholat Maghrib berangkatlah 11 orang anak2 2007 yang masih tersisa di Jogja, yaitu gue, Jaja, Iben, Ijep, Didik, Ajon, Linus, Beni, Imam, Maman, dan Nunu. Nah Jaja ini adalah ketua angkatan anak2 2007 yang malam itu datang bersama istrinya, mahasiswa Matematika UGM 2007, Nurul.


Singkat cerita, acara perkenalan pun dimulai coy. Angkatan 2007, angkatan yang paling senior yang dateng ke acara PF 2012 diberi kehormatan untuk duluan ngenalin profil angkatan 2007. Jaja udah nyiapin film pendek yang isinya foto-foto kenangan buat distel waktu perkenalan. Anjir jujur aja gue terharu pas ngeliat tu film. Gue jadi kangen berat ama temen-temen seangkatan gue yang sudah berguguran terlebih dahulu secara sukarela (baca: lulus).

Pas perkenalan itu, gue ama Ijep diberi kesempatan untuk menyampaikan pesan ke maba 2012. Nah gue berkicau deh disitu, ada 2 pesan yang gue sampein ke maba 2012. Pertama, jangan sekali-kali menanyakan kepada senior dengan pertanyaan “KAPAN LULUS KAK?”, karena itu akan menjadi karma. Wkakakak, semua adek2 angkatan dari 2008-2011 pada ngakak tuh pas gue ngomong gituan. Lah iya wong itu aja pengalaman pribadi gue juga, gara2 gue dulu sering nanya gituan ke anak2 2005 yang masih aja ada di lab, contohnya mbak Febriana. Hehe. Nah pesen yang kedua, untuk praktikum fisika dasar, terutama osiloskop, jangan ampe ketauan copy paste (copas), karena nilainya bakalan E alias nol. Pengalaman dari praktikum2 sebelumnya, prkatikan gue banyak banget yang doyan copas dari laporan temen2nya. Aih aih generasi copas makin mewabah aja nih. Haha.

Nah terus apa yang disampein ama Ijep? Ijep menyampaikan, kalo emang pas lagi ujian tu ga bisa ngejawab soal, yaudah ga usah nyontek. Soalnya dia sendiri bukan tukang nyontek, makanya lulusnya lama. #ehMaap :D

Selesai acara perkenalan, mas Jaja dan istrinya pamit pulang, tapi kami yang 10 orang masih bertahan di Omah Jawi untuk ngikutin acara hingga besoknya. Sambil ngerokok di ayunan, lewatlah panitian PF 2012 yang bernama Hanum, hahaha mukanya kucel banget. Bodo amat biarpun kucel, berhubung angkatan 2007 pada pengen minum kopi, gue minta bikinin kopi ama dia, tapi ternyata bukan dia yang bikinin, tapi Genduk ama Zahroh Ayu. Kopinya manis, semanis yang ngebikin. #eh

Lanjut aje, kartu pun digelar buat maen poker. Nah maen poker kan normalnya 4 orang, tapi kali ini yang maen 5 orang, nah idenya Beni, taruhannya yang kalah 3 kali minta pin BB ama anak 2012 tapi bukan pake hp BB. Permainan berlangsung sengit coy. Di permainan terakhir, gue, Iben, ama Beni udah kalah 2 kali masih megang kartu, tapi Ijep ama Imam yang baru kalah 1 kali udah ngabisin kartunya. Lalu Iben pun akhirnya ngabisin kartunya. Tinggal gue ama Beni bertarung sengit hingga 2 kartu terakhir. Hahaha, gue yang menang dan Beni kudu menjalankan idenya sendiri. Sukurin lu Ben. Haha. Tapi hingga acara api unggun selesai, Beni ga jadi menjalankan hukumannya. Kampret banget pada lupa. Ckckck

Setelah acara api unggun selesai, gelarlah permainan poker. Pas lagi maen poker, panitia yang bernama Hanum lewat lagi di depan meja judi. Karena kopi sebelomnya kemanisan, anak2 pada minta kopi yang agak pait. Hanum pun bilang ga usah pake gula aja, dan anak2 yang menyangka panitia kehabisan gula pun mengiyakan aja omongannya Hanum. Ga lama kemudian, datanglah kopi pait nan pekat ke meja judi sebanyak 1 panci kali yak. Haha. Nah tu kopi dijadiin taruhan, yang kalah minum setengah gelas kopi. :D

Mulanya gue ga maen di meja judi itu. Tapi gara-gara si Beni udah mabok kopi (3 gelas men), gue pun ngegantiin posisi Beni. Bertarunglah keempat lelaki tampan (gue, ajon, ijep, ama iben) di meja judi. Kopi mau abis, datanglah panitia yang bernama Barri yang menawarkan “kebaikan”, yaitu nambahin lagi kopi paitnya. Wkwkwk. Kopi pun bertambah banyak. Makin mantep aja dah ni taruhannya. Awalnya gue maen ga pernah kalah. Tapi menjelang akhir, gue mengalami 2 kekalahan beruntun. Sampe tu kopi abis, gue udah ngabisin 5 gelas kopi, padahal gue cuman kalah 4 kali. Kampret banget. Rekor dipegang iben, yang minum 6 gelas kopi. Ijep ama ajon masing-masing 3 gelas. Matek wae lah. Haha

Efek kopi pun berlanjut. Mata ga bisa di ajak kompromi. Gue udah masuk ke sleeping bag gue, tapi tetep aja ga bisa tidur. Sayup-sayup gue denger suara Ijep ama Ayu lagi nembang Iwan Fals di luar kamar. Gue keluar dari sleeping bag gue, gue lipet tu SB n gue masukin ke tas biar kaga ada yang pake. Trus gue menuju ke arah suara lagu Iwan Fals berasal. Ternyata disitu udah ada Ijep (2007), Bagas (2008), Aji (2009), Abim (2009), ama Ayu (2010). Mulailah mendendangkan gitar dan lagu Iwan Fals ampe Subuh. Mantep dah, ini baru PF.

Subuh pun tiba. Gara-gara ga ada aer, rencananya mau sholat di masjid. Tapi masjidnya ternyata jauh dan di tengah perjalanan menuju masjid hujan rintik-rintik pun turun ke bumi. Tsaaaah. Balik lagi ke penginapan dan ternyata aer udah idup. Lanjut ambil aer wudhu dan sholat berjamaan bersama kawan-kawan. Aseeekk.

Singkat cerita aje ye, akhirnya anak2 2007 berangkat ke pos pertama outbond. Bersama panitia (taufiq, heksa, dan alexander), anak2 2007 yang tersisa di PF (gue, iben, ijep, maman, beni, linus, ama imam) ga lama pun tiba di pos pertama. Maklum naek motor. Hehehe. Nah di pos pertama ini, nama permainannya adalah balon ceria, karena nama posnya sendiri adalah pos 2007 ceria. Aneh aneh wae iki. :D. Cara maennya, mindahin balon secara estafet pake kepala, ga boleh pake tangan. Yang kalah, balonnya jatoh, atau balonnya pecah, langsung kena hukuman. Ada 6 kelompok yang sebenernya 12 kelompok. Bertarunglah dua dua kelompok. Nah hukuman bagi yang kalah, mecahin balon, atau jatohin balon adalah mukanya dicoret-coret pake spidol. Hahaha udah kaya tentara. Gue ga lupa mendokumentasikan muka para tentara pake kamera olympus kesayangan gue. Nah biar jelas, gue aktifin mode super makro di kamera gue. :D

Nah untuk mindahin balon dari ujung satu ke ujung yang laen, anak2 maba 2012 ga dikasih kesempatan melewatinya dengan mudah men. Ada aja halang rintang yang dipake ama anak2 2007 untuk menghambat laju anak2 maba 2012. Batu, balon, kayu, kardus, tas, ama tari gangnam. Udah gitu makin lama garis finishnya makin dijauhin. Makin kocak aja dah ngeliat kelakuan maba 2012 dikerjain ama anak2 2007.

Akhirnya, selesai juga permainan di pos 2007 ceria pada pukul 09.25. Setelah pamitan ama heksa dan taufiq, anak2 2007 beranjak pulang menuju Jogja. Semuanya belom tidur nyenyak. Bahaya banget di jalan. Untungnya kami semua tiba dengan selamat di Jogja.

PF 2012 kali ini, PF yang kemungkinan jadi PF yang terakhir buat anak-anak 2007, telah menyimpan banyak memori manis. Secara umum, anak2 2007 salut banget ama panitianya. Panitia udah nyiapin yang terbaik buat menyambit #eh menyambut para senior. Terutama roti, mie instan, kopi, gula, dan segalanya. Tetap kompak deh buat panitia, yang merupakan mahasiswa angkatan 2011. Kami wariskan kekompakan anak2 2007 kepada kalian wahai anak2 2011. Semangat semangat eeaaaa.

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar