Kamis, 12 Januari 2012

Sebuah Catatan Perjalanan : Jakarta-Yogyakarta PP #Bagian.02

Sambungan dari catatanku sebelumnya yang berjudul "Sebuah Catatan Perjalanan : Jakarta-Yogyakarta PP #Bagian.01". Lima perjalanan yang memiliki kesan berbeda dari 5 perjalanan sebelumnya. Nostalgia, yang tentu saja kurang menarik jika dibaca saat ini, akan menarik jika dibaca di masa depan, untuk menengok sejenak masa lalu.

Keenam: Libur Lebaran 2008

  • Ke Jakarta >> Rabu, 24 September 2008. Menumpang KA Progo dari Stasiun Lempuyangan. Bersama Irma Widiastuti dan Bondan Dwi Wijayanti, dua orang kawan seangkatan dari program studi Statistika yang sedaerah denganku. Buka puasa di kereta, makan makanan dari Bondan. Enaknya buka puasa udah ada yang nyediain. Hahaha. Beratnya menjaga dan melindungi wanita. :D
  • Ke Yogyakarta >> Sabtu, 11 Oktober 2008. Menumpang KA Gaya Baru Malam Selatan (KA GBMS) dari Stasiun Jakarta Kota. KA GBMS, KA kelas ekonomi yang melayani relasi Jakarta Kota - Surabaya Gubeng via jalur selatan. Duduk bersama orang songong yang ngaku2 preman, namanya Alay. Ini pertama kalinya diperkenalkan KA GBMS oleh Muhammad Rio Nugraha, kawan seangkatan yang berasal dari Bogor. Kereta yang seharusnya berangkat dari Stasiun Jakarta Kota pukul 12.00 WIB, realitanya baru diberangkatkan pukul 14.00 WIB. Dan baru tiba di Lempuyangan pukul 02.00 dinihari. Perjalanan panjang 12 jam di dalam kereta ekonomi. Maklum masih masa-masa libur lebaran.


Ketujuh: Liburan Semester III

  • Ke Jakarta >> Selasa, 20 Januari 2009. Menumpang KA Progo dari Stasiun Lempuyangan bersama Mas Ardi Arya (Mas Didit), Mbak Radwinda Kurnia, Mbak Imas, Paramita Tri Yaningrum, dkk, yang merupakan kolegaku di BEM KM FMIPA UGM. Niatnya sih mau rombongan besar bareng2 sekalian sama rekan-rekan sekosan. Tapi apa daya, Mohammad Andriza Syarifuddin dkk ketinggalan kereta, padahal tiketnya ada di aku. Saat KA Progo tiba di Stasiun Wates, aku segera turun dan berlari menuju Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api di stasiun tersebut. Aku menitipkan tiket KA Progo untuk Udin dkk di Wates, yang kemudian mereka tiba di Wates menumpang KA Logawa (KA kelas ekonomi relasi Purwokerto-Kediri) untuk mengambil tiketnya. Lega rasanya setelah mendengar kabar mereka telah menumpang KA Senja Bengawan (KA kelas ekonomi relasi Tanah Abang- Solo Jebres), dan tiket KA Progo nya dapat digunakan untuk menumpang KA Senja Bengawan.
  • Ke Yogyakarta >> Minggu, 8 Februari 2009. Menumpang KA GBMS dari Stasiun Jakarta Kota bersama Budi Santoso (Bady), seorang sahabat sejak masa kecil. Dia ingin menikmati libur kuliah di kampung halaman di Purworejo dan Klaten. Membawa gitar dari Jakarta. Tiba di stasiun Kota telat, sehingga tidak mendapat tiket duduk. Terpaksa duduk di sambungan kereta yang padat penumpang. Karena saking padatnya di dalam gerbong kereta, terpaksa kami berdiri selama 10 jam hingga tiba di tujuan. Fantastis pegelnya di kaki. Haha.


Kedelapan: Liburan Nyepi

  • Ke Jakarta >> Jumat, 6 Maret 2009. Menumpang KA Progo dari Stasiun Lempuyangan, perjalanan seorang diri dalam rangka menyelesaikan urusan di Jakarta.
  • Ke Yogyakarta >> Senin, 9 Maret 2009. Menumpang KA GBMS dari Stasiun Jakarta Kota, perjalanan seorang diri membawa Personal Computer (PC) dari Jakarta untuk digunakan di kost.


Kesembilan: Pemilu Legislatif

  • Ke Jakarta >> Rabu, 8 April 2009. Menumpang KA Progo dari Stasiun Lempuyangan, perjalanan seorang diri dalam rangka memilih calon anggota legislatif yang akan duduk mewakili suara rakyat di parlemen. Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 9 April 2009, pemilu pertama kali dalam hidupku, sehingga aku harus mencontreng pilihanku di Jakarta.
  • Ke Yogyakarta >> Minggu, 12 April 2009. Menumpang Bus Santoso AC Seri O dari Terminal Poris Plawad, Tangerang. Perjalanan seorang diri untuk melengkapi PC yang sudah ada di kost dengan membawa monitor 17 inch.


Kesepuluh: Liburan Semester IV

  • Ke Jakarta >> Kamis, 2 Juli 2009. Menumpang KA GBMS dari Stasiun Lempuyangan. Bersama Muhammad Rio Nugraha dan Muhammad Ibnu Abdurrahman, padatnya gerbong kereta membuat Ibnu harus turun di Stasiun Tugu karena dia tidak tahan jika harus berdiri sampai Jakarta. Pengorbanan berdiri hingga Stasiun Kejaksan Cirebon pada perjalanan untuk berlibur di Jakarta selama kurang lebih 3 minggu.
  • Ke Yogyakarta >> Minggu, 19 Juli 2009. Menumpang KA GBMS dari Stasiun Jakarta Kota. Perjalanan seorang diri, kereta tidak terlalu padat. Liburan yang seharusnya selama 2 bulan, tetapi aku harus kembali ke Yogyakarta untuk menjalankan tugasku sebagai Koordinator Sie Konsumsi Ospek FMIPA UGM.



Bersambung ... ... ...

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar